Langsung ke konten utama

Anak Kos Naik Kasta

Hallo semua, terimakasih atas kunjungannya... Nama saya Haris. Selama puluhan tahun saya telah menjadi anak kos. Sekarang sudah tidak ngekos lagi karena punya rumah sendiri. Istliahnya adalah anak kos naik kasta gitu lah ya, tidak menjadi anak kos lagi melainkan menjadi seorang bapak kos. Bukan sebenar-benarnya bapak kos sih ya, karena kami tidak menyewakan kamar kos melainkan sebuah rumah yang disewakan sebagai homestay. Tapi istilahnya tetap anak kos naik kasta!

Saya telah ngekos selama puluhan tahun di kota-kota berbeda. Semua itu pada akhirnya telah menjadikan saya sebagai anak kos yang tangguh, pandai bertahan hidup bahkan pada akhir bulan ketika kiriman uang  telat datangnya.

Pertama ngekos di Genteng, sebuah kota kecamatan di Banyuwangi. Kemudian di Surabaya. Waktu itu masih culun jadi belum bisa memasak sendiri. Makan beli di warung, sehari tiga kali. Menunya bervariasi tergantung duitnya. Tetapi dari semua itu, selalu saja saya mendapatkan seporsi nasi penuh sampai hampir tumpah dari piringnya namun dengan lauk dan sayur yang saking sedikitnya sampai hampir tak kelihatan.

Itu adalah masa-masa paling kelam dalam pemenuhan gizi tubuh. Padahal saya masih dalam masa pertumbuhan otak lho, kudu banyak bekerja dan belajar.

Selanjutnya seiring perjalanan hidup, saya ngekos di Denpasar. Di sini saya sudah mulai mau nguplek dapur karena waktu itu tidak merasa cocok dengan rasa masakan warung Bali, jadi kudu masak sendiri. Waktu itu belum ada internet jadi kalau ingin masak yang agak ribet seperti sayur kare, harus nelpon emak dulu tanya bumbunya apa saja, takarannya berapa, cara memasaknya bagaimana. Selalu seperti itu.

Terakhir saya ngekos di Flensburg, sebuah kota yang berada di ujung utara Jerman. Di sinilah saya benar-benar kalang kabut dalam hal makanan. Culture shock selama berbulan-bulan.  Lidah jawa saya waktu itu mengatakan bahwa makanan bule ndak ada sedap-sedapnya samasekali. Sekarang, seiring berjalannya waktu dan juga karena nggeragas, lidah saya sudah mencla-mencle, sudah bisa dan mampu merasakan kelezatan makanan dari seluruh penjuru dunia. Bahkan saya mampu menikmati kelezatan tiada tara dari Camembert, jenis keju yang aromanya seperti bangkai tikus atau kaus kaki seminggu tidak dicuci!


It's all about survival instincts, gaes
... Bulan-bulan pertama tinggal di Jerman membuat saya menderita dalam hal makanan. Saya selalu merindukan makanan Jawa. Jaman itu belumlah banyak online shop jadi secara berkala saya pergi ke Hamburg untuk belanja bumbu dan rempah segar agar bisa memasak sendiri.

Tetapi itu tidak banyak berguna karena saya terlalu sibuk sehingga tidak sempat masak. Atau malas karena terlalu ribet ngulek bumbu.

Maka secara perlahan saya modifikasi cara masak konvensional menjadi lebih praktis dan instan. Akhirnya saya mengganti semua rempah segar menjadi rempah bubuk. Perlu waktu bertahun-tahun untuk menemukan takaran dan cara memasak yang pas agar kelezatannya sama dengan masakan pakai rempah segar.

Dan inilah masterpiece saya, blog kumpulan resep masakan tradisional yang dimasak dengan cara cepat, simple dan praktis: Masakan Kosan.
Meskipun ini sebenarnya adalah terjemahan bebas dari blog serupa berbahasa Jerman yang telah populer. 

Resep-resep dari blog ini sudah teruji kelezatannya lho, bukan oleh saya sendiri melainkan oleh para peserta kursus memasak masakan Indonesia yang saya adakan secara terjadwal dengan dukungan Volkshochschule di Jerman. Jadwalnya bisa kamu cek di sini.

Komentar

Resep Masakan Yang Lain:

Resep Kentang Goreng Bratkartoffeln made in Germany

Resep kentang goreng Bratkartoffeln ala Jerman. Renyah di luar empuk di dalam. Rasanya gurih dan legit menggigit. Cara bikinnya mudah dan sederhana. Masakan super praktis ala anak kos kreatif. Kentang dengan segala kemudahan pengolahannya. Di negara bule kentang bisa menjadi makanan yang sangat bervariasi. Jika pada resep yang lalu kita telah membuat Rösti , yaitu kentang serut goreng ala Swiss, maka kini kita akan beralih sedikit ke utara yaitu menuju Jerman. Di sini ada kentang goreng bernama Bratkartoffeln. Jadi marilah kita membuat goreng kentang Batkartoffeln ala Jerman. Ini beda sekali dengan kentang goreng french fries yang biasa kamu makan di kedai-kedai itu. Selagi kita membuat Bratkartoffeln, maka juga akan ada sedikit cerita dari Jerman. Cerita yang ringan saja lah, dari sebuah tempat, di mana aku telah memutuskan untuk menetap dan menjadikan Jerman sebagai Wahlheimat , negara tempat tinggal pilihan. Jadi sebelum mulai memasak, kita cerita-cerita dulu ya, siapa tahu kamu in

Eierlikörtorte, Kue Tart Low Carb Topping Telur dari Jerman

Eierlikörtorte, kue tart Jerman yang lezat dan nikmat. Low carb dan mengandung protein tinggi karena dasaran tart tidak menggunakan tepung melainkan kacang. Lebih lezat dan sehat daripada beli tart di toko. Cara membuatnya mudah. Hanya perlu mixer dan oven. Kamu tahu tart black forrest kan? itu adalah tart asal Jerman yang nama aslinya bikin lidah keseleo untuk mengucapkannya. Cobalah: Schwarzwälder Kirschtorte. Itulah nama aslinya.  Namun kali ini kita tidak akan membuat itu melainkan tart yang tak kalah lezatnya yaitu Eierlikörtorte. Terjemahan bebasnya adalah kue tart arak telur atau Advocaat. Jadi tart ini ber-topping Advocaat itu tadi. Dia bisa dibeli botolan, mereknya ya advocaat itu. Warnanya kuning ngejreng, rasanya manis lembut menggoda. Terbuat dari oplosan alkohol (rum atau yang lain), kuning telur dan gula plus vanili sebagai aroma. Tetapi jika kamu ingin membuat Eierlikötrorte yang juga cocok untuk anak-anak, tanpa alkohol, ganti saja toppingnya menggunakan agar-agar rasa

Resep Khas Jerman Spätzle Keju Panggang

Resep masakan Jerman, Spätzle dan keju panggang molor-molor gurih legit. Cara membuatnya mudah dan cepat. Cocok buat anak kos sibuk dan kreatif.  Spätzle adalah tipikal mie dari Jerman. Tetapi tidak tepat juga disebut dengan mie karena bentuknya pendek-pendek bulat tak beraturan. Penampakannya seperti cendol dawet tetapi padat dan kenyal juga gurih. Spätzle terbuat dari adonan telur dan tepung terigu, dikasih sedikit garam. Cara membuatnya sama seperti cara membuat cendol yaitu ditekan pada cetakan berlubang-lubang dan jatuh langsung pada air mendidih. Spätzle siap pakai bisa dibeli di supermarkt dalam kemasan kedap udara. Merupakan barang basah dan hanya perlu direbus kembali untuk diolah lebih lanjut menjadi hidangan kesukaan. Prinsipnya sama dengan beli mie basah di pasar. Di Indonesia, Spätzle juga bisa dibeli di olshop kesayangan sejuta umat. Namanya Spaetzle. Kalau kamu mencarinya, pasti mudah ketemunya. Jikalaupun tidak ada, Spaetzle bisa diganti dengan mie telur potong pendek.

Resep Keju Panggang isi Kentang Made in Germany

Keju panggang gurih legit molor-molor tipikal Jerman. Cara memasaknya mudah dan simpel, cocok buat anak kos yang kreatif dan supel. Bergizi tinggi dan penuh vitamin. Siapapun akan menyukai keju panggang bikinan sendiri ini. Keju panggang molor-molor isi kentang dan aneka sayuran ini adalah makanan rutin yang sesekali muncul di meja makan karena cara bikinnya sangat amat mudah. Tinggal iris-iris dan cemplung-cemplung kemudian sabar menunggu di oven sampai coklat. Maka makanan khas Jerman yang lezat dan legit ini siap dinikmati bersama. Begitulah gaes, sebagai anak kos kamu harus fleksibel. Janganlah selalu makan nasi sehari tiga kali tetapi makanlah makanan lain karena tak ada yang tahu, kemana kamu akan tinggal tahun depan. Bisa jadi kamu akan dapat beasiswa ke luar negri, atau berjodoh dengan orang luar negri.  Maka sekarang kamu harus membiasakan diri dengan tidak makan nasi, karena di luar negeri, makanan sungguh bervariasi. Tidak harus nasi sebagai sumber karbo. Lagipula dengan men

Brathuhn, Ingkung Panggang Khas Jerman

Brathuhn adalah Makanan spesial khas Jerman. Itu merupakan ayam ingkung panggang kualitas prima.  Dengan bumbu minimalis menjadikan kelezatan daging sangat terasa mendominasi. Gurih dan lembut tanpa balutan bumbu yang berat. Cara pembuatannya sangat mudah, bahkan anak kos yang mulai belajar masakpun pasti bisa membuatnya. Tak seperti ingkung panggang Jawa yang pembuatannya rumit dan menyita waktu dengan aneka macam rempah, ingkung panggang khas Jerman ini mudah sekali memasaknya. Istilahnya tinggal cemplang-cemplung, oles-oles pakai garam dan merica langsung sedap. Rasanya sungguh menggoda. Tidak ada rasa rempah yang menutupi rasa daging, melainkan kelezatan daging seutuhnya yang gurih dan lembut karena bahannya terbuat dari ayam muda, kualitas organik pula. Postingan ini mengandung dua tema. Pertama adalah tentang resep memasak ingkung praktis yang cocok buat anak kos. Selanjutnya sebagai penutup akan ada cerita ringan dari Jerman, tempat aku tinggal. Jadi silahkan pilih sendiri ingin

Ketupat Kilat 20 Menit Saja

Dengan cara ini kita bisa membuat lontong atau ketupat dalam waktu 20 menit saja, bukan dua atau tiga jam seperti cara merebus lontong konvensional. Rasanya sama, kepadatan dan kenyalnya pas. Kita hanya perlu merebus lontong dengan cara yang benar. Yuk mari... Kenapa aku jarang membuat lontong? Karena merebusnya perlu waktu berjam-jam sampai tiga jam. Bayangkan berapa energi yang dibutuhkan untuk membuat lontong? Yang jelas perlu gas atau listrik buanyak. Sangat tidak ramah lingkungan. Hingga aku menemukan cara yang efisien untuk membuat lontong. Sehingga tak perlu waktu lama untuk membuatnya. Sehingga aku semakin gemar mengkonsumsi lontong. Maklumlah, di Jerman, apa-apa kudu bikin sendiri jka ingin makan menu nasional kita. Lagipula bukankan dengan membuat masakan sendiri kita jadi tahu apa saja yang kita makan? Juga tentang kebersihan. Dan tentu saja lebih hemat.  Jadi, wahai anak kos sekalian, mulailah belajar memasak mulai sekarang. Kamu tidak pernah tahu apa yang akan terjadi deng